Instagram

Monday, April 27, 2015

Tugas Abstraksi TA

Nama/NIM : Krisna Masyuda/1204505022
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT.
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/ Fakultas Teknik/ Universitas Udayana

ABSTRAK
Salah satu persoalan lingkungan yang muncul hampir setiap tahun di Indonesia adalah kebakaran hutan yang rutin terjadi pada setiap musim kemarau. Oleh karena itu, kegiatan deteksi dini dalam penanggulangan kebakaran hutan memegang peranan sangat penting. Deteksi yang akurat akan dapat membantu tahap pemadaman kebakaran dan tahap penanganan pasca kebakaran yang tepat.
Teknologi Remote Sensing atau yang dibahasa Indonesiakan dengan Penginderaan Jauh adalah suatu teknologi Geomatika yang pada prinsipnya adalah suatu metoda pengambilan data permukaan bumi. Adanya Teknologi Penginderaan Jauh dapat memudahkan manusia untuk mengamati suatu objek atau suatu wilayah pada permukaan bumi dengan lebih baik. Teknologi Penginderaan bisa mengamati keadaan permukaan bumi tanpa bersentuhan langsung dengan lokasi yang diindera. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibuat rancang bangun aplikasi Teknologi Penginderaan Jauh yang membantu dalam menentukan titik-titik api (hotspot) yang ada pada wilayah kehutanan khususnya di wilayah Bali menggunakan citra satelit Landsat.
Untuk pemakaian aplikasi ini user bisa memilih untuk menginput data berupa data citra yang sudah diunduh, atau menginput tanggal dan waktu tetapi harus menunggu aplikasi memproses citra terlebih dahulu. Aplikasi akan melakukan pre-processing citra dilanjutkan dengan menganalisa citra yang kemudian akan didapatkan hasil data berupa titik panas (hotspot) jika terdapat kebakaran hutan saat itu.


Kata kunci : kebakaran, hutan, penginderaan jauh, remote sensing, citra, landsat, 

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More